Gotong Royong Program Bantuan Jaringan Pipa Air Bersih di Ibu Kota Nusantara

Myactivitymaker.com – Program bantuan jaringan pipa air bersih mulai diluncurkan di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Selasa (25/7/2023). Program ini merupakan hasil kerjasama antara Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan PT. Pupuk Kaltim dan BenihBaik.com. 

Peluncuran program ini dilakukan di Kecamatan Pamaluan, Kelurahan Sepaku, Kabupaten Myactivitymaker.com untuk meningkatkan akses air bersih kepada masyarakat.

Sebagai mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Myactivitymaker.com, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita IKN Alimuddin mengapresiasi adanya program ini. 

“Saya mantan Kadis PU 2015-2016. Saya masih berpikir dari dulu berpikir bagaimana air ini bisa mengalir. Akhirnya saya semakin percaya bahwa berbuat satu kali lebih baik dari 1000 kali,” ungkapnya. 

Alimuddin menyebutkan bahwa program ini merupakan bagian dari Indonesia-X yang diusung oleh Presiden Joko Widodo. “Indonesia ‘X’-termasuk tata kelola pemerintahan akan berubah, termasuk yang kita lakukan hari ini tidak lazim di dalam pemerintahan,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya program-program semacam ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di kawasan IKN.

Tim Ahli BenihBaik.com Imam B. Prasodjo mengatakan, munculnya gagasan ini berawal dari perkenalan dengan Staf Khusus Bidang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kepala Otorita IKN Diani Sadiawati hingga diskusi yang terus bergulir dengan Deputi Alimuddin dan Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Myrna A. Safitri.

Selama ini masyarakat di Kelurahan Pamaluan masih kesulitan untuk mengakses air bersih. “Sampai hari ini masih bayar, masih beli air ya?,” kata Imam kepada masyarakat di acara Peluncuran Pipanisasi Akses Air Bersih di IKN Nusantara.

Imam mengungkapkan bahwa terlaksananya program ini juga berkat dukungan dari founder BenihBaik.com Andy F. Noya yang mengajak PT. Pupuk Kaltim untuk terlibat dalam program bantuan jaringan air bersih.

“Mas Imam (B. Prasodjo) selalu bilang wah ada persoalan. Kalau berhadapan dengan Mas Imam selalu persoalan, tapi buntutnya enak, hasilnya begitu kita lihat bahagia sekali, itu yang tidak terbayarkan,” ungkap Andy F. Noya.

Andy mengatakan, semangat kegotorongan di negeri ini begitu kuat, “Satu orang dikontak, dua orang dikontak, tiga orang dikontak, semua bilang siap bantu. Ketika Mas Imam bilang di sini ada masalah air, saya terpikirkan Pak Dirut, ternyata sambutannya luar biasa.”

Setelah PT. Pupuk Kaltim menyampaikan dukungannya, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR dan Kementerian LHK tertarik untuk berpartisiasi. “Semua tiba-tiba bersinergi bergotong royong,” ungkap Andy.

Direktur Utama PT Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta mengatakan, pipanisasi air bersih akan disalurkan ke sekitar 82 rumah, musholla, dan sekolah. “InsyaAllah dijaga dengan baik sehingga bisa continue untuk bisa membantu kelurahan di Pamaluan ini,” katanya.

Tak hanya bantuan pipanisasi akses air bersih, dalam kesempatan ini PT Pupuk Kaltim juga memberikan bantuan perlengkapan sekolah untuk 275 siswa di SDN 014 Sepaku; dan bantuan alat rumah produksi, branding, pelatihan manajemen usaha, dan kunjungan industri kampung balik Sepaku.

Artikel Terkait :

MEGA4D

MEGA4D

MEGA4D

MEGA4D

MEGA4D

MEGA4D

MEGA4D

SITUS TOTO

SLOT THAILAND

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *