Mengapa Hampir Semua Hewan Mamalia Punya 5 Jari? Ini Alasannya

TAMAN BINATANG

Jakarta – Salah satu ciri khas hewan mamalia yang dipelajari dalam biologi adalah mempunyai lima jari pada kaki dan tangannya. Namun, pernahkah detikers bertanya mengapa hal demikian bisa terjadi?
Pertanyaan seputar apa alasan yang menjadikan semua mamalia berjari lima sempat membingungkan banyak peneliti. Sampai saat ini, setiap peneliti mempunyai jawaban versinya masing-masing.

Misalnya seperti yang dijelaskan oleh Thomas Stewart, ahli biologi evolusi di Penn State. Melansir Live Science, ia menyebut adanya pengaruh gen Hox yang berkaitan erat dengan karakteristik hewan mamalia ini.

Gen Hox mempunyai fungsi untuk memberikan kode protein dan mengatur aktivitas gen lain. Gen tersebut akan memastikan bagian tubuh ada di posisi yang semestinya saat hewan masih dalam bentuk embrio.

Dengan begitu, gen ini berperan penting dalam menentukan pola kerangka. Gen Hox pun turut membantu kontrol protein pada gen landak sonik untuk mengaktifkan jaringan.

Pada proses tersebut, tunas jari kemudian tumbuh sesuai dengan rangka hewan mamalia. Lalu, sel-sel sekitar tempat jari yang seharusnya mati akan mati dan menghasilkan jari-jari terpisah.


Pengaruh Nenek Moyang yang Sama


Stewart mengungkapkan hewan pertama yang memiliki jari lima adalah organisme yang berevolusi dari ikan yang hidup sekitar 360 juta tahun lalu. Menurutnya, bentuk lima jari ini bisa juga dipengaruhi oleh homologi.

Artinya, struktur jari mamalia saat ini adalah menunjukkan bahwa hewan -hewan tersebut bernenek moyang satu. Gen dari nenek moyang kemudian diturunkan hingga sekarang.

Teori yang menjelaskan tentang hal ini adalah kanalisasi. Teori ini menyebut bahwa suatu gen atau sifat sangat kecil kemungkinan untuk bermutasi.

Misalnya pada tulang leher hewan yang mempunyai tujuh tulang belakang, Jika dengan jumlah tulang tersebut tak ada masalah pada hewan, maka tak ada alasan juga untuk mengubahnya atau munculnya evolusi.


Ciri Khas Hewan Mamalia


Terlepas dari pertanyaan mengapa semua hewan mamalia mempunyai lima jari, masih banyak fakta menarik seputar ciri-ciri hewan mamalia lainnya yang serupa.

Menurut sebuah jurnal yang ditulis oleh Stephanie Pierce dan Katrina Jones dari Harvard University, ciri khas dari mamalia yang membedakan dengan hewan lain ada pada tulang belakang.

“Tetapi tulang punggung mamalia berbeda. Bagian atau wilayah tulang belakang yang berbeda seperti leher, dada, dan punggung bawah memiliki bentuk yang sangat berbeda. Mereka berfungsi secara terpisah sehingga dapat beradaptasi dengan cara hidup yang berbeda, seperti berlari, terbang menggali dan memanjat,” tulis peneliti.

Pierce dan Jones mengatakan beberapa mamalia ada yang berevolusi dari seekor kadal zaman purba. Mereka juga meyakini bahwa nenek moyang memegang kunci penting dalam pembentukkan bentuk tubuh mamalia saat ini.

“Jika daerah tulang belakang tetap tidak berubah melalui evolusi, seperti yang dihipotesiskan, kita akan melihat daerah yang sama pada sinapsida non-mamalia seperti yang kita lihat pada mamalia saat ini,” kata Pierce.

LINK TERKAIT : 

NANA4D
ROKOKBET
FOR4D
SHIOWLA
OKEWLA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *