Jaga Tubuh Tetap Bugar Ayok Ikuti Tips Pola Makan Sehat Ini

Posted by

Aktivitas Harian Pandemi mendorong setiap orang untuk menerapkan pola hidup sehat dan berperilaku hidup bersih sehari-hari. Salah satunya yang penting diperhatikan adalah pola makan karena makanan menjadi sumber gizi dan nutrisi penting agar organ-organ tubuh tetap bekerja secara optimal. Berikut tips pola makan sehat yang bisa Anda ikuti sebagai upaya mencukupi pemenuhan gizi seimbang agar tubuh bugar.

Tips Pola Makan Sehat agar Tubuh Bugar

Beberapa tips pola makan sehat agar tubuh tetap bugar yang dapat diterapkan:

1. Pilih Jenis Makanan dan Porsi Sehat untuk Disantap
 

Makan bukan berarti asal kenyang begitu saja, namun Anda perlu memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi dalam setiap santapan. Piring sajian sebaiknya memenuhi makanan dengan asupan karbohidrat, makanan berprotein tinggi, mengandung vitamin, dan mineral seimbang. Maka itu, pastikan terdapat kombinasi aneka ragam makanan dalam satu piring. Hal ini dikarenakan tidak ada satupun jenis makanan yang mampu mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh.

2. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
 

Dalam satu porsi sajian menu harian Anda, pastikan separuh piring terdapat bagian untuk sayur-sayuran dan buah-buahan. Sayur dan buah adalah salah satu makanan yang memiliki serat tinggi, kandungan vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Jadwalkan Aktivitas Fisik atau Olahraga Secara Teratur
 

Jika Anda makan berlebihan terutama kelebihan kalori, Anda disarankan untuk membakar kalori dengan menjadwalkan olahraga seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, berenang, dan yoga. Namun, jangan langsung olahraga begitu selesai makan. Beri jarak minimal satu hingga dua jam karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan.

4. Perhatikan Jumlah Kalori yang Dimakan
 

Selain kalori, Anda juga didorong untuk lebih memperhatikan kandungan gula, garam, dan lemak dalam sajian menu makanan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan batasan konsumsi gula, garam, dan lemak bagi tiap orang per hari, antara lain:

Gula tidak lebih dari 50 gram (4 sendok makan).
Garam tidak melebihi 2.000 miligram natrium/sodium atau 5 gram (1 sendok teh).
Lemak hanya 67 gram (5 sendok makan minyak).
 

Untuk kemudahan mengingat, rumusannya adalah G4 G1 L5. Jangan lupa juga untuk selalu membaca label kemasan makanan agar mendapatkan informasi nilai kandungan gizi sehingga Anda mengetahui dan memantau asupan gizi yang dikonsumsi.

5. Hindari Perut Kosong Sebelum Beraktivitas
 

Banyak dari kita yang gemar melewatkan waktu sarapan. Berbagai hal menjadi alasan, mulai dari tak punya waktu, tidak terbiasa, atau karena sedang menurunkan berat badan. Padahal melewatkan waktu makan di pagi hari ini bisa merugikan kesehatan karena tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas. Kebiasaan makan berlebihan akibat perut kosong juga berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti perut kembung, mual, hingga berisiko terkena penyakit.

Jika Anda atau orang terdekat membutuhkan bantuan profesional, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter-dokter Siloam Hospital terdekat untuk memperoleh diagnosis dan penanganan medis secara tepat.

Anda dapat menggunakan fitur Cari Dokter untuk menemukan jadwal dokter, booking, dan buat janji dengan dokter terkait. Atau, gunakan juga aplikasi MySiloam untuk memudahkan Anda berkonsultasi langsung dengan dokter secara online.

Baca Juga :

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Bo Togel

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *