5 Hewan Khas Pulau Sulawesi, Ada yang Langka dan Hampir Punah

Posted by

Pulau Sulawesi jadi tempat untuk banyak nana4d hewan yang khas ataupun endemik. Terdapat banyak hewan khas pulau Sulawesi, mulai dari burung, primata, sampai mamalia.

Hewan- hewan khas pulau Sulawesi ialah hewan endemik yang tidak dapat ditemui tidak hanya di habitat aslinya. Kebanyakan hewan di Sulawesi juga telah masuk dalam jenis punah.

5 Hewan Khas Pulau Sulawesi yang Wajib Kalian Ketahui

Anoa

Anoa ialah hewan endemik pulau Sulawesi yang nana4d mempunyai 2 berbagai spesies, ialah anoa dataran rendah serta anoa pegunungan.

Anoa tercantum ke dalam hewan yang nyaris punah. Kenapa anoa terancam punah? sebab Kerutinan warga dekat yang mencari anoa buat disantap sampai diambil bagian kulit serta tanduknya.

Hewan sangat jarang ini hidup di dalam hutan sehingga anoa tidak dapat jadi hewan ternak walaupun mempunyai kesamaan dengan hewan kerbau.

Burung Maleo

Burung Maleo merupakan hewan endemik Sulawesi. nana4d Burung Maleo yang mempunyai nama ilmiah Macrocephalon maleo mempunyai panjang dekat 55 centimeter.

Statusnya yang terancam punah membuat burung ini dilestarikan di Bone Bolango. Turis dapat berkunjung ke mari buat memandang hewan menawan ini.

Tarsius

Tarsius ialah hewan khas Sulawesi yang masuk nana4d dalam jenis primata terkecil di dunia. Wujud mukanya unik serta lucu dengan matanya yang besar serta telinganya lebar, mirip suatu topeng.

Hewan ini tercantum fauna yang dilindungi oleh undang- undang. Status konservasinya sendiri bagi organisasi konservasi alam internasional( IUCN) tercantum vulnerable alias rentan buat punah.

Di Sulawesi terdapat bermacam- macam tipe tarsius, di antara lain merupakan yang tinggal di Tangkoko, Sulawesi Utara ialah Tarsius tarsier. Makhluk nokturnal dengan dimensi badan cuma selama 10 centimeter ini dapat ditemui di Halaman Nasional Tangkoko, Bitung, dekat 2 jam ekspedisi dari Manado.

Monyet Gelap ataupun Yaki

Hewan khas pulau Sulawesi yang lain masih terkategori nana4d primata, ialah Yaki. Hewan ini terkategori selaku bangsa kera dengan warna rambut gelap pekat di sekujur tubuh. Walaupun warna tubuhnya gelap pekat, tetapi pantat hewan ini bercorak merah.

Sayangnya, status konservasi hewan ini masuk ke dalam kalangan terancam punah akibat perburuan. Konon, warga setempat gemar mencari Yaki buat disantap dagingnya.

Burung Serak

Burung Serak ialah hewan Sulawesi yang begitu khas. Burung ini endemik di Sulawesi serta tidak dapat ditemui di pulau lain di Indonesia.

Serak Sulawesi yang masuk dalam keluarga burung hantu ini mempunyai nama ilmiah Tyto rosenbergii. Dimensi burung ini lumayan besar, menggapai 43- 46 centimeter. Cirinya mempunyai lempeng wajah yang putih agak hitam, dengan tepi muka bercorak hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *